Tetap Gelar Upacara HUT RI, Pemkot Makassar Batasi Peserta Hanya 20 Orang

Achmad Hendra Hakamuddin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia kurang dari dua minggu lagi. Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memastikan akan tetap menggelar upacara tangg 17 Agustus mendatang, meski Pandemi covid masih merebak.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Hendra Hakamuddin, mengatakan, hal itu berdasarkan surat edaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Di mana pelaksanaannya mengikuti tata cara upacara di Istana Negara.

“Peringatan HUT RI ke – 75 dalam suasana covid. Oleh sebab itu, beberapa waktu lalu, Menpora mengirimkan surat ke daerah, tentang pedoman pelaksanaan upacara 17 Agustus. Tetap ada upacara, merujuk pada tata cara yang diselenggarakan di istana,” ujarnya, Selasa (4/8/2020).

Hendra menambahkan, upacara peringatan HUT Ke – 75 RI akan digelar terbatas di Balaikota Makassar. Dengan memperhatikan protokol kesehatan. Bahkan dibatasi hanya dihadiri 20 peserta upacara.

“Pasukan (upacara) hanya terdiri dari 20 orang, di mana 20 orang tersebut, terdiri antaranya dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan BPBD,” katanya.

Kendati demikian, kata Hendra, Forkopimda dan SKPD tetap mengikuti upacara lewat aplikasi Zoom. Agar tidak terlalu banyak massa yang berkumpul. Mengingat tempatnya tidak terlalu luas.

“Upacara dilakukan dengan mengundang Forkopimda, para para kepala dinas, mereka akan mengikuti upacara lewat virtual,” beber Hendra.

Komentar

Loading...