Calo SIM Bergentayangan

Salah satu proses pembuatan SIM (DOK)

FAJAR.CO.ID, BALI — Meski mengklaim bebas calo dan menjadi percontohan, namun masih banyak juga calo surat izin mengemudi (SIM) yang beroperasi di Polresta Denpasar. Para calo mengaku memiliki channel orang dalam untuk memuluskan usahanya.

Banyak alasan mengapa jalur calo dipilih dalam pembuatan SIM. Di antaranya tak mau ribet dan buang waktu. Padahal biaya pembuatan SIM C atau SIM A lewat calo sangat mahal, bisa tiga kali lipat tarif resmi yang dikeluarkan polisi.

Dari penelusura Radar Bali, para calo SIM ini membanderol biaya pembuatan SIM A Rp 900 ribu dan SIM C Rp 350 hingga Rp 500 ribu.

Untuk mencari calo SIM ini sendiri bukan perkara yang sulit. Cukup nongol di kompleks depan gedung SIM Polresta Denpasar. Pun ada jasa online, cukup membuka Facebook atau Instagram, akan ada belasan calo SIM yang menawarkan pembuatan SIM dengan penawaran yang berbeda-beda.

Mulai dengan harga yang murah meriah hingga pembuatan SIM super kilat juga ditawarkan.

“Saya nyari calo SIM di FB. Ditawarkan buat SIM C Rp 350 ribu dan SIM A Rp 600 ribu dengan pengurusan kilat hanya sejam,” ujar salah satu pencari SIM di Polresta Denpasar yang ditemui Kamis (6/8).

Karena takut adanya tipuan, ia datang langsung ke Polresta Denpasar. Sampainya di kompleks gadung SIM, ternyata ia dihampiri oleh beberapa calo. Para calo menawarkan ongkos SIM A langsung jadi Rp900 ribu.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...