Rusia Kirim 5 Pesawat Bantuan ke Lebanon, Iran Kirim 95 Ton Makanan dan Alat Medis

Pesawat kargo bantuan Iran untuk Lebanon saat persiapan pengiriman bantuan-- iranpress

FAJAR.CO.ID, BEIRUT — Sejumlah negara mulai mengirim bantuan kepada Lebanon, untuk memberi bantuan atas insiden ledakan di kawasan Pelabuhan Kota Beirut, Lebanon.

Kementerian Situasi Darurat Rusia menegaskan, pemerintah setidaknya akan mengirim 5 penerbangan ke Lebanon dengan misi memberi bantuan. Dia menyebut, pesawat pertama yang memuat bantuan kemanusiaan untuk Beirut, dimaksudkan untuk membantu pemerintah setempat mengatasi setelah ledakan 4 Agustus, telah lepas landas dan sedang dalam perjalanan ke tujuannya.

Kementerian menambahkan bahwa empat pesawat lagi dengan bantuan akan dikirim dalam satu hari, dengan jumlah total spesialis Rusia yang diperkirakan tiba di Libanon berjumlah sekitar 150 personil, menurut Sputnik.

Pesawat kargo pertama, Il-76, sedang mengangkut rumah sakit keliling dan tim tanggap pertama. Pesawat ketiga, Sukhoi Superjet, akan membawa tim psikolog dan anggota “Centrospas” – tim tanggap darurat bergerak khusus yang berfokus untuk menemukan dan menyelamatkan korban bencana.

Pesawat keempat dan kelima juga akan membawa lebih banyak personel kementerian, tim darurat, dan peralatan khusus untuk menangani konsekuensi ledakan.

Sementara dari Iran, Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Karim Hemmati mengatakan tahap pertama bantuan kemanusiaan Iran ke Lebanon siap dikirim, yang terdiri dari 95 ton bahan makanan dan peralatan medis.

Dalam wawancara eksklusif dengan Iranpress, Karim Hemmati mengatakan, bantuan berupa makanan dan peralatan medis yang dikirim ke Lebanon itu mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan akibat ledakan tersebut.

Komentar

Loading...