Fitur Baru WhatsApp Tekan Peredaran Informasi Palsu

WhatsApp. Foto: Pixabay.com

FAJAR.CO.ID — WhatsApp kembali dilaporkan sedang menguji coba fitur baru yang memungkinkan penggunanya memeriksa pesan yang diteruskan (forwarded message) yang dikirim kepada mereka, dalam upaya untuk mengekang informasi yang salah. Fitur tersebut adalah ‘Search the Web’ atau ‘Cari Web’, yang sedang diuji coba di enam pasar sejak beberapa hari lalu.

Fitur baru yang sedang dijajal ini dikatakan memungkinkan pengguna melakukan pencarian Google cepat pada konten yang terdengar meragukan. Pengguna nantinya dapat mengetuk semacam ikon kaca pembesar (simbol pencarian) di sebelah pesan untuk memeriksanya dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang topik tersebut dan dapat menemukan jawaban atas topik yang diragukan apakah palsu atau tidak.

Fitur ini dikatakan merupakan upaya terbaru WhatsApp untuk menghentikan penyebaran teori konspirasi yang menyesatkan dan dibuat-buat selama pandemi global Covid-19 ini. Platform obrolan milik Facebook ini, yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia sebelumnya memperkenalkan batasan berapa kali pesan dapat diteruskan pada bulan April lalu.

“Hari ini, kami sedang menguji coba cara sederhana untuk memeriksa ulang pesan-pesan ini dengan mengetuk tombol kaca pembesar dalam obrolan,” terang WhatsApp dalam sebuah unggahan blog resminya. “Ini akan menyediakan cara sederhana untuk mencari pesan yang telah diteruskan berkali-kali dapat membantu orang menemukan hasil berita atau sumber informasi lain tentang konten yang telah mereka terima,” lanjut pihak WhatsApp.

Komentar

Loading...