Jembatan Mangkrak Dikucur APBD Lagi, Konstruksi Melebihi Tinggi Jalan

Jembatan alternatif di Jalan Yompo Daeng Naba-Jalan Inspeksi lama

FAJAR.CO.ID, GOWA — Jembatan alternatif di Jalan Yompo Daeng Naba-Jalan Inspeksi lama tak difungsikan. Kini dibenahi lagi.

Pemkab Gowa kembali mengucur anggaran Rp454,8 juta dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2020. Itu untuk pembangunan oprit jembatan. Jembatan yang dikerjakan pada 2019 dengan anggaran Rp1,5 miliar tersebut, melebihi ketinggian jalan. Makanya jalanan didesain ulang.

Berdasarkan pantauan FAJAR, Kamis, 6 Agustus, CV Andika Pratama selaku pihak ketiga yang mengerjakan sudah mendirikan batu pondasi. Volume pekerjaannya sepanjang 50 meter dan tinggi 4,5 meter untuk sisi kiri dan kanan.

Anggota Komisi III DPRD Gowa, Muhammadong Daeng Rate, mengatakan, pembangunan oprit menjadi solusi agar jembatan alternatif itu bisa kembali difungsikan. “Semoga bisa maksimal, karena sudah lama jembatan itu ditinggal begitu saja,” kata Daeng Rate, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Muhammad Mundoap, mengatakan, oprit yang dibangun akan sama tinggi dengan jembatan. Sehingga nantinya, jembatan tersebut sudah bisa difungsikan.

Ia mengaku, bahwa jembatan tersebut sengaja dibangun dengan ketinggian yang telah ditentukan. Hal itu berdasarkan aturan dari pihak penanggungjawab kanal, dalam hal ini Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan-Jeneberang.

“Agar tidak menghambat saluran air, makanya jembatannya dibuat demikian (tinggi),” sebutnya.

Sekarang pekerjaan oprit sudah berlangsung, targetnya Desember 2020 nanti sudah bisa difungsikan. (ans/dir/fajar)

Komentar

Loading...