Kasrudi: Perda Minol Jangan Sekadar Tertulis, Tetapi Harus Diterapkan di Lapangan


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Anggota DPRD Kota Makassar, Kasrudi melakukan sosialisasi penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2014 tentang Pengawasan dan Pengendalian Pengadaan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Sosialisasi yang dihadiri warga Panakkukang-Manggala itu berlangsungdi Hotel Grand Town, Jl Pengayoman, Jumat (7/8/2020).

Hadir sebagai narasumber, Andi Asruni SH MH (Praktisi hukum), dan Muh Rudi (Sekretaris DPC Gerindra Makassar), serta dipandu oleh MC Anita Achmad Paju.

Kasrudi memaparkan kepada warga, Perda terkait minol ini sudah bukan lagi hal tabu. Maka bagaimana upaya melakukan keseimbangan agar kebebasan dalam menjalankan usaha miras tidak kebablasan.

Perda ini menjadi pekerjaan berat bagi pemerintah kota dalam hal penegak Perda dalam melakukan pengawasan sesuai regulasi yang diatur dalam perda tersebut.

“Perda terkait izin tempat penjualan minol ini di Kota Makassar ini telah diimplementasikan, terutama bagi pelaku usaha. Namun banyak ruang atau bagian yang bisa saja tidak mengena sehingga akan berdampak pada permasalahan sosial masyarakat. Sebab itulah diperlukan pengawasan secara terukur, dengan mempertimbangkan sisi positif dan negatifnya,” papar Kasrudi.

Lebih lanjut dikatakannya, tujuan dilakukan kegiatan sosialisasi Perda ini untuk memberikan informasi yang baik dan benar tentang tempat-tempat mana saja yang tidak diperbolehkan menjual minuman beralkohol.

Untuk itu, legislator Gerindra ini berharap, melalui sosialisasi ini ada saran dan masukan dari peserta sosialisasi agar Perda yang sudah disahkan sejak 2014 itu penerapannya bisa lebih maksimal lagi.

Komentar

Loading...