Manfaat Jahe Untuk Cegah Komplikasi Diabetes

Jumat, 7 Agustus 2020 19:30

ILUSTRASI: Teh jahe dapat dianggap sebagai air beraroma, yang sangat membantu dalam mengelola diabetes (Istimewa)

FAJAR.CO.ID — Berbagai intervensi dilakukan pada pasien diabetes agar menjaga kadar gula darahnya tetap stabil. Salah satunya adalah dengan minum obat dan menjaga pola makan. Sejumlah penelitian juga meneliti manfaat herbal untuk membantu pasien diabetes dalam menjaga kadar gula darah.

Dikutip dari National Library of Medicine, para peneliti dari School of Nutritional Sciences and Dietetics di Tehran University of Medical Sciences, menyelidiki efek konsumsi jahe pada penderita diabetes tipe 2. Dalam uji klinis tersamar ganda, terkontrol plasebo, 70 penderita diabetes ikut dalam penelitian. Setiap peserta secara acak dimasukkan ke dalam kelompok jahe untuk dikontrol seperti dilansir dari Express.co.uk, Jumat (7/8).

Selama tiga bulan, kelompok eksperimen menelan 1600 mg jahe setiap hari, sedangkan kelompok plasebo mengonsumsi 1600 mg tepung terigu. Kadar gula darah untuk semua sukarelawan diukur sebelum dan sesudah percobaan.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi jahe mengurangi kadar gula darah puasa dan meningkatkan sensitivitas insulin. Para peneliti menyimpulkan jahe dapat dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk pencegahan komplikasi diabetes.

Bagikan berita ini:
7
1
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar