Marc Marquez Absen, Peluang Besar Yamaha

Marc Marquez merayakan kemenangan GP San Marino 2019 di Sirkuit Misano (15/9/2019). Inset: Marquez mengabarkan perkembangan pemulihannya di media sosial. (Marco Bertorello/AFP)

FAJAR.CO.ID — Repsol Honda mendapatkan guncangan besar menjelang GP Ceko akhir pekan ini. Itu terkait jagoannya, Marc Marquez, yang menjalani operasi lengan kanan untuk kali kedua dalam tiga pekan terakhir.

Tim juara dunia tersebut kehilangan Marquez dalam tiga race beruntun. Yakni, GP Ceko dan balapan ganda di Red Bull Ring, Austria.

Kabar tersebut dilaporkan oleh media yang berbasis di Barcelona, El Periodico. Marquez harus beristirahat lebih lama agar proses recovery-nya lebih tuntas.

Harapannya, dia bisa kembali mengaspal dalam kondisi yang jauh lebih fit. Honda dan Marquez tampaknya lebih berhati-hati ketimbang sebelumnya. Terutama dalam memutuskan kapan juara dunia MotoGP enam kali itu kembali membalap.

Merujuk GP Andalusia lalu, hanya beberapa hari setelah operasi pertama Marquez ngotot tampil dalam latihan bebas. Alhasil, plat platinanya rusak gara-gara tekanan berat pada lengan sehingga berujung operasi kedua.

Hingga kini Honda memang belum merilis pernyataan resmi soal absennya Marquez. Yang jelas, Honda bakal memaksa pembalapnya yang berusia 27 tahun itu punya waktu lebih dari sebulan untuk menuntaskan pemulihan.

Dia dijadwalkan come back pada balapan ganda yang berlangsung di Sirkuit Misano, 13 dan 20 September mendatang.

Insiden patah tulang humerus itu membuat perjuangan Marquez untuk mempertahankan gelar musim ini jauh lebih berat. Dia belum mendulang satu poin pun dari dua balapan pembuka.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar