Pejabat Kebal Resesi, Rizal Ramli: Rakyat Mah Sudah Resesi

Rizal Ramli (JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pandemi COVID-19 dan dampaknya telah mengguncang ekonomi dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Ekonom senior Rizal Ramli, yang juga mantan menteri di era Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dan periode pertama Presiden Jokowi, menyatakan bahwa sebenarnya rakyat sudah mengalami resesi ekonomi.

“Apakah sudah resesi? Ya sudah, rakyat mah sudah resesi,” twit Rizal di akun Twitter @RamliRizal, dilihat Jumat (7/8).

Namun, Rizal mengatakan, resesi belum akan dialami oleh para pejabat. Sebab, kata Rizal, para pejabat kebal resesi. Berbeda dengan rakyat yang tidak kebal resesi ekonomi.

“Klo pejabat yaa belum, bahkan mungkin tidak akan. Mereka mah kebal resesi,” sindir Rizal.

Product Domestic Bruto (PDB) Kuartal II mengalami kontraksi yakni -5,32 persen. Meski demikian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Indonesia belum resesi karena baru mengalami pertumbuhan ekonomi negatif pada Triwulan II-2020 yang merupakan pertama kalinya sejak 1999.

“Sebetulnya kalau dilihat dari tahun ke tahun belum resesi, karena baru pertama kali mengalami kontraksi,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam jumpa pers KSSK secara online, Rabu (5/8).

Sri Mulyani menjelaskan, suatu negara disebut mengalami resesi ekonomi jika mengalami pertumbuhan ekonomi negatif selama dua triwulan berturut-turut secara tahun ke tahun. (jpnn/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar