Perdana Menteri Benyamin Netanyahu Beberkan Fakta Ledakan di Beirut, HNW: Ini Kah Rahasia Dibalik Pernyataan Buru-buru Israel?

Suasana yang memperlihatkan lokasi pascaledakan di daerah pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8). Foto: ANTARA FOTO/Reuters- Aziz Taher/hp

“Mereka berencana sudah memiliki ribuan rudal presisi. Paling-paling mereka hanya memiliki puluhan,” kata Netanyahu kala itu.

Yang lebih mengejutkan, dari 3 titik lokasi penyimpanan zat berbahaya itu, salah satunya ialah tepat di gudang Amonium Nitrat yang menjadi pusat ledakan tragedi Beirut kemarin. Netanyahu mengklaim data itu didapatkannya dari Badan Intelijen Israel, Mossad.

Netanyahu mengatakan bahwa Hizbullah sengaja menjadikan Pelabuhan Beirut sebagai pusat penimbunan zat berbahaya agar aman dari jangkauan intervensi militer Israel. Hizbullah memanfaatkan kondisi di pelabuhan sebagai benteng pertahanan perisai manusia.

Memang sejauh ini Pemerintah Lebanon menyimpulkan bahwa ledakan terjadi akibat penumpukan 2.750 ton Amonium Nitrat di salah satu gudang di pelabuhan.

Disebutkan zat kimia itu sebenarnya barang sitaan yang dilakukan pada tahun 2013. Awalnya Amonium Nitrat itu berada di atas kapal MV Rhosus berbendera Moldova yang sedang berlayar dari Batumi, Georgia menuju Beira, Mozambik. (msn/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...