Soal Bantuan Rp600 Ribu ke Pekerja, Disnaker: Kita Tunggu Petunjuk Teknisnya

Ilustrasi-- SEBELUM PANDEMI: Buruh linting rokok di pabrik Sampoerna. (DOK/JAWAPOS)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Pekerja dengan gaji di bawah Rp. 5 juta per bulan sedikitnya bisa bernapas lega. Pasalnya pemerintah berencana memberikan bantuan Rp600 ribu per bulan sebagai bentuk bantuan akibat pandemi virus Corona.

Namun, bantuan itu hanya diperuntukkan bagi pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta dan telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir belum lama ini.

Hanya saja, kebijakan yang akan diterapkan dalam waktu dekat ini, belum tersosialisasikan hingga ke pemerintah daerah, termasuk Pemerintah Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan mengatakan hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui juknis dan alur kebijakan tersebut.

“Saya belum berani komentar dulu karena saya belum tau modelnya, juknis belum ada, protapnya juga,” ucapnya, Jumat (7/8/2020).

Kendati demikian, ia menuturkan akan mengikuti apa yang menjadi perintah dan arahan dari pemerintah pusat. Terlebih, kebijakan ini diperuntukkan bagi masyarakat dalam membantu perekonomian di tengah pandemi.

“Apa yang menjadi perintah akan diikuti sampai ke bawah untuk menyampaikan kepada pekerja dan seluruh warga Kota Makassar,” tutupnya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Andi Darmawan Bintang menuturkan hal yang sama. Menurutnya, sejauh ini masih menunggu keberlanjutan kebijakan tersebut.

Komentar

Loading...