Banyak Pengusaha Andalkan Izin OSS, PM-PTSP Dorong Pengusaha Terbitkan SIUP


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mesti lebih ketat dalam hal perizinan. Banyak pengusaha yang izin usahanya belum lengkap.

Sejauh ini, banyak pengusaha yang mengandalkan izin dari online single submission (OSS) saja. Padahal, izin tersebut belum cukup. Masih perlu melengkapinya di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Makassar.

Kepala DM-PTSP Makassar, Andi Bukti Djufrie mengakui, izin dari OSS tersebut hanya nomor induk berusaha (NIB) yang merupakan pengganti dari izin gangguan dan tanda daftar perusahaan (TDP). Bukan surat izin tempat usaha.

“Untuk menindaklanjuti OSS itu, pelaku usaha harus datang ke PTSP untuk kita verifikasi sekaligus kita buatkan SIUP,” kata Bukti, Jumat (7/8/2020).

Bukti menyampaikan, banyak pelaku usaha menganggap izin dari OSS sudah cukup. Tidak perlu lagi mengantongi izin usah dari pemerintah setempat. Makanya, ia akan mendorong para pengusaha yang untuk segera mengurus surat izin usaha perdagangan (SIUP) di PM-PTSP Kota Makassar.

“Memang banyak pelaku usaha yang tidak memahami itu. Mereka cuma mengira kalau sudah ada OSS berarti mereka sudah memiliki izin padahal tidak seperti itu,” tegasnya.

Sementara, Kepala Bidang Pelayanan Belakang Non Teknis Dinas PM-PTSP Kota Makassar, Andi Engka menambahkan, izin usaha penting untuk dimiliki. Sebab, itu menjadi pegangan untuk melakukan pengawasan selama beroperasi.

Komentar

Loading...