Anwar Faruq: Kesadaran Pengelolaan Sampah Bisa Dimulai di Rumah Masing-masing


FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Anggota DPRD Kota Makassar, Anwar Faruq melakukan sosialisasi penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) nomor 9 tahun 2016 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Sosialisasi Perda ini berlangsung di Hotel Lynt, Jalan Letnan Jenderal Hertasning, kota Makassar, Minggu (9/8/2020) pagi.

Anwar menyampaikan, sesungguhnya perlindungan dan pengelolaan sampah merupakan tanggungjawab bersama, sehingga tidak saling tuding, karena kebersihan itu sesunguhnya bagian dari keimanan. Juga keberlangsungan kelestarian yang harus dijaga melalui pengelolaan yang baik dan benar.

Dengan munculnya kesadaran yang dimulai dari rumah masing-masing warga, diyakini persoalan sampah di Makassar akan cepat teratasi.

Pada intinya, Anwar ingin mengajak masyarakat agar bijak dalam mengelola lingkungan. Sebab segala hal yang ditimbulkan oleh alam, sebagian besar atas ulah manusia terhadap lingkungan itu sendiri.

“Pada intinya, saya ingin masyarakat tahu bahwa undang-undang ini ada. Sehingga masyarakat bisa lebih bijak dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup,” jelas ketua DPD PKS kota Makassar itu.

Hal ini turut diapresiasi oleh pihak Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP), Munatsir. Sebab belakangan ini memang banyak terjadi kerusakan lingkungan, baik dalam hal eksploitasi maupun bencana alam.

“Sekarang ini banyak fenomena kerusakan alam. Seperti yang baru-baru ini banjir Masamba. Akibatnya, kerusakan tanah terjadi. Yang jadi korban masyarakat itu sendiri,” ujar Munatsir.

Komentar

Loading...