Implementasi Tri Dharma, Dosen Matematika UNM Gelar PKM di TAKALAR

Minggu, 9 Agustus 2020 18:55

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Dalam rangka implementasi tri dharma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat.

Dosen di Jurusan Matematika FMIPA UNM melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Kepada Masyarakat (PKM) berpusat di kabupaten Takalar dengan melibatkan guru-guru dari berbagai tingkatan yaitu SD, SMP, dan SMA.

Kegiatan ini terealisasi pada tanggal 8 Agustus 2020 atas inisiasi Jurusan Matematika FMIPA UNM bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Takalar.

Pada acara pembukaan, beberapa sambutan disampaikan oleh Ketua PGRI Kabupaten Takalar Drs. Muhammad Ali, M.Pd., Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM Dr. Asdar, M.Pd., dan Dekan FMIPA UNM Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D. yang dalam kesempatan tersebut turut membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Awalnya kegiatan ini dirancang secara tatap muka di dalam suatu ruangan, dengan pembatasan akibat pandemic Covid 19 sehingga dialihkan menjadi secara virtual.

“PKM ini merupakan aktivitas rutin dosen jurusan matematika yang dilaksanakan setiap tahun,” kata Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM Dr. Asdar, M.Pd.

Dengan program ini diharapkan dapat mengatasi setidaknya masalah pembelajaran yang selama ini dihadapi guru di kelas mendapatkan solusinya.

Terdapat 10 tim yang terlibat menyampaikan berbagai topik berdasarkan permasalahan saat ini.

Aktivitas kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan bentuk workshop menyajikan beberapa judul diantaranya: Teknik Berhitung Cepat dan Tepat sebagai Penunjang Pembelajaran Matematika bagi Guru-Guru di Kabupaten Takalar, Pembelajaran Matematika Terintegrasi KPK FPB, Segitiga dan Literasi Data Bagi Guru-Guru SD Di Kabupaten Takalar, Kelompok Guru Matematika dalam Pembuatan dan Pemanfaatan Alat Peraga, Peningkatan Literasi TIK melalui Pelatihan Pembuatan Game Sederhana Berbasis Android, Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Informasi, Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa, PTK untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran, Peningkatan Kemampuan Mengajarkan Konsep Geometri Guru Kabupaten Takalar, Media Pembelajaran Matematika Berbasis Konteks dan Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru Matematika Tingkat SMP, Penerapan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran Konsep Pecahan, dan Pembuatan Absensi, Survei, dan Soal Online pada Guru Sekolah Menengah Takalar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajar New Normal.

Bagikan berita ini:
9
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar