200 Ribu Pekerja di Sulsel akan Terima Bantuan Rp600 Ribu


FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Toto Suharto mengatakan tercatat kurang lebih 200 ribu pekerja di Sulawesi Selatan yang akan mendapatkan upah sebesar 600 ribu.

Hal itu senada dengan kebijakan Menteri BUMN, sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir.

Erick Thohir menuturkan, pekerja berpenghasilan di bawah 5 juta akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp. 600 ribu selama 4 bulan dan akan ditransfer ke nomor rekening masing-masing pekerja.

Selain berpenghasilan di bawah 5 juta, syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut yakni pekerja yang telah terdaftar dan aktif di BPJS Ketenagakerjaan.

“Prosesnya, BPJS harian bertugas mengumpulkan data rekening peserta. Setelah terkumpul kami serahkan ke Menaker sebagai pemegang anggaran yang akan memberikan bantuan langsung tunai,” ucap Toto Suharto, Senin (10/8/2020).

Toto menjelaskan, tugas BPJS Ketenagakerjaan hanya mendata dan mengumpulkan nomor rekening masing-masing peserta.

“Jadi bukan kami (BPJS Ketenagakerjaan) yang bayarkan upah 600 ribu itu, tapi kami hanya mendata dan mengumpulkan nomor rekeningnya,” jelasnya.

Untuk mempercepat dan memudahkan kebijakan itu terealisasi, ia menuturkan, pihaknya telah mengimbau HRD untuk segera mengirimkan nomor rekening peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Inikan masih tahap pertama yaitu 4 bulan dari September sampai akhir tahun, selanjutnya untuk tahap kedua kita masih tunggu info lebih lanjut,” ungkap Toto.

Komentar

Loading...