Apple Patenkan Desain Airpods Baru, Gunakan Teknologi Konduksi Tulang

Ilustrasi: Paten Apple terkait earphone konduksi tulang dipatenkan di USPTO. (Apple via AppleInsider)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Jika desain earphone kebanyakan yang beredar saat ini sudah cukup canggih dengan banyak fitur yang bisa digunakan, tunggu sampai anda melihat paten terbaru Apple.

Belum lama ini, Apple diketahui telah mematenkan desain untuk headphone konduksi tulang, yang bahkan dapat mengirimkan getaran melalui tengkorak kepala pengguna.

Paten ini diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS atau USPTO (United States Patent and Trademark Office), dilengkapi gambar konsep untuk headphone yang mengikat di bagian belakang kepala.

Konduksi tulang adalah perpindahan suara ke telinga bagian dalam melalui tulang tengkorak, melewati saluran telinga. Paten Apple ini pertama kali dilaporkan oleh Apple Insider.

Dikutip pada Senin (10/8), aplikasi paten terbaru ini nantinya bakal menyediakan audio di lingkungan dimana gelombang suara tidak dapat berjalan di udara, seperti di bawah air.

Desain menggabungkan komponen konduksi tulang, yang memberikan suara melalui getaran melalui tulang, dengan komponen yang menyediakan transmisi suara berbasis udara normal sesuai earphone standar.

Komponen konduksi tulang atau ‘transduser’, yang akan mengikat di depan telinga, akan mengarahkan getaran ke koklea di telinga, yang mengirimkan sinyal listrik ke otak.

“Suatu alat untuk mengirimkan sinyal audio kepada pengguna termasuk transduser konduksi udara dan transduser konduksi tulang,” demikian bunyi deskripsi paten tersebut.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar