BI Dorong Ekonomi Syariah dari Gerakan Pemberdayaan Pesantren

Ilustrasi kantor pusat Bank Indonesia (Dok.JawaPos.com)

FAJAR.CO ID, MAKASSAR–Bank Indonesia (BI) terus mengaunkan gerakan ekonomi syariah. Pemberdayaan pesantren adalah langkah awal gerakan BI.

Di Sulsel, sudah ada beberapa pesantren yang diberdayakan. Diantaranya, Pesantren Darul Aman Gombara. Yang terletak di jalan KH. Abd. Jabbar Ashiry No.1, Pai, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Di pesantren ini, BI Sulsel membina pengembangan pembuatan nugget. BI Sulsel membantu dengan memberikan 28 jenis peralatan untuk pengembangan nugget tersebut.

Tak sekadar membantu perlengkapan. BI komitmen membimbing dalam membuat produksi nugget yang baik. Melalui pelatihan.

BI juga senantiasa melibatkan pesantren dalam berbagai event-event yang berguna untuk pengembangan usaha. “Seperti penguatan akuntasi hingga pemasaran produk kami,” beber Sekretaris Yayasan Buq’atun Mubarakah Pesantren Darul Aman Gombara, Ismail Jalil, kepada FAJAR, Minggu, (9/8/20).

Menurut Ismail, bantuan ini bermula saat BI berkunjung melihat potensi pesantren. Yang pada akhirnya BI melihat bahwa konsumsi nugget di pesantren cukup tinggi hingga pesantren harus mengangarkan Rp150 juta-an per tahun.

Bermula dari itulah dilihat bahwa kenapa tidak pesantren memproduksi sendiri dengan menghadirkan mesin. Hingga pada akhirnya terwujud pada 2018.

Sejak 2018, itu pesantren sudah mampu mandiri membuat nugget dengan jumlah banyak. Dari awalnya hanya membuat nugget secara sederhana dengan produksi paling banyak 2-3 kilogram, bisa menjadi rata-rata 18 kilogram per hari.

Komentar

Loading...