Covid-19 Tumbuh Subur di Perkantoran, Angka Rt Kembali ke Satu

Senin, 10 Agustus 2020 14:52

Petugas medis mengambil sampel darah pada saat melakukan rapid test Covid-19. Berdasar data Worldometers, kasus positif Covid-19 di Indonesia telah melampaui Tiongkok (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Tidak hanya itu, estimasi peredaran covid-19 pada kelompok umum, 40 persen tanpa gejala. Empat orang sudah terpapar covid-19 per 10 orang. Angka ini menunjukan penyakit itu tumbuh subur di dalam komunitas.

Karena itu, tingkat pencegahan infeksi baru dilakukan dengan meningkatkan kepedulian warga untuk penegakan disiplin protokol kesehatan. Langkahnya dengan mereaktifasi peran dasawisma, RT, RW, dan posyandu.

“Cukup masif. Sekarang namanya itu elitis klaster kantor. Perkembangan (kasus) di perkantoran telah mengalami peningkatan kasus,” jelasnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, Prof Syafri Kamsul Arif mengindikasikan progres pengendalian yang on the track tetap berjalan.

“Harus ditegaskan saat ini, paling tidak beberapa indikator bergerak ke indeks yang membaik,” kata Direktur RS Unhas itu.

Angka kesembuhan yang semakin meningkat pada kisaran 65 persen. Angka kematian stabil di tiga persen. “Jadi kesadaran individu untuk membangun pemahaman kelompok perlu makin ditingkatkan,” tuturnya.

Sementara itu berdasarkan laporan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, kasus positif bertambah 1.893. Sehingga total kasus positif covid-19 menjadi 125.396 orang. Adapun jumlah pasien sembuh bertambah 1.646 menjadi 80.952 orang. Adapun angka kasus kematian bertambah 65, menjadi 5.723 orang.

Bagikan berita ini:
3
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar