Covid-19 Tumbuh Subur di Perkantoran, Angka Rt Kembali ke Satu

Senin, 10 Agustus 2020 14:52

Petugas medis mengambil sampel darah pada saat melakukan rapid test Covid-19. Berdasar data Worldometers, kasus positif Covid-19 di Indonesia telah melampaui Tiongkok (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Staf Khusus Menteri Kesehatan, Mariya Mubarika mengatakan, pihaknya mendeteksi ada 802 klaster penyebaran covid-19 di Indonesia. Klaster itu ditracing setiap hari menggunakan big data yang dimiliki Kemenkes.

“Tracing kami terhadap klaster-klaster di Indonesia sudah ada 802 klaster. Data terakhir, 8 Juli di RSUD Sultan Sulaiman Serdang Bedagai. Terbesar masih Secapa Polri,” paparnya.

Pada Klaster Sekolah Calon Perwira (Secapa) di Kota Bandung, Jawa Barat terkonfirmasi 1.308 orang yang positif COVID-19 yang terdiri dari siswa dan pelatih Secapa AD. Meski kasus terkonfirmasi covid-19 di Indonesia terus bertambah, orang yang dirawat di rumah sakit sedikit. Dalam kurun waktu tiga bulan Juni-Agustus hanya ada 17 ribu pasien.

“Di Indonesia, saya masukkan data dari rumah sakit online kira-kira 8 Agustus kemarin. Jadi dari ruang isolasi dan ICU kita masih banyak ya, walaupun kasus kita meningkat tinggi tapi yang dirawat di RS tidak tinggi, nah dalam 3 bulan juga Juni, Juli, Agustus kasus yang dirawat 17 ribuan, walaupun kasus terakhir yang positif itu sangat banyak,” jelasnya. (sal-fin/abg/fajar)

Bagikan berita ini:
5
1
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar