Ekonomi Kembali Bergeliat, Sebagian Karyawan Dirumahkan Kembali Bekerja

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Dinasker) Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sektor ekonomi kembali bergeliat pasca pembatasan sosial berskala besar selama dua periode di Makassar. Toko toko diizinkan untuk kembali beroperasi dengan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Dinasker) Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan menyambut baik kondisi tersebut. Ia menyebut, para pekerja yang selama ini dirumahkan sebagian sudah bisa bekerja kembali.

“Perkembangan sudah bagus, walaupun masih ada juga kita tangani Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang ada di kantor. Sekarang kita tangani tapi perkembangannya sudah lebih bagus,” ujarnya di Balai Kota Makassar, Senin, (10/8/2020).

Untuk saat ini, kata Irwan, Disnaker berupaya memastikan pekerja yang sebelumnya dirumahkan bisa kembali bekerjadengan melakukan mediasi kepada pihak perusahaan. Sementara jika terdampak PHK diupayakan mendapat pesangon.

“Kita mediasi yang PHK untuk diberi pesangon, ada yang dikasih kembali kerja juga, kita arahkan ke situ. Tapi rata-rata mereka di PHK dikasih pesangon,” beber Irwan.

Irwan menambahkan, perkembangan laporan karyawan di PHK juga terus menurun. Tak sebanyak saat awal pandemi. “Di awal-awal kita menangani laporan PHK rata-rata 20 sampai 30 per hari, sekarang rata-rata sisa 5 per hari,” kata dia.

Untuk itu, Irwan mengatakan bagi mereka yang kena PHK, pihaknya melakukan mediasi agar perusahaan menunaikan kewajibannya. “Kita terima langsung dan kita memediasi, Alhamdulillah ini dalam proses,” ungkapnya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...