Ilmuan Temukan Cara Melacak Sampah Luar Angkasa pada Siang Hari


FAJAR.CO.ID, TEKNO — Anda mungkin tidak melihatnya saat menatap langit malam, tapi saat ini ada banyak sampah yang mengorbit Bumi.

Potongan satelit yang tidak berfungsi, tahap roket yang dibuang, dan puing-puing buatan manusia lainnya mengelilingi planet kita seperti gelembung sampah raksasa.

Melacak posisi benda-benda ini diperlukan untuk keselamatan satelit yang bekerja serta misi awak dan bahkan bahaya yang ditimbulkannya terhadap Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Seperti yang dilaporkan MIT Technology Review, teknik baru untuk melacak puing-puing ini menawarkan kemampuan untuk melihat sampah luar angkasa di siang hari bolong.

Menembakkan laser ke luar angkasa adalah salah satu cara para ilmuwan melacak puing-puing luar angkasa.

Ketika laser mengenai suatu objek, ia memantul kembali, dan para ilmuwan dapat mendeteksi respons itu dan menyimpan catatan sampah saat mereka menemukannya.

Sayangnya, teknik ini kurang begitu akurat, dan sulit untuk menentukan lokasi objek berdasarkan respons laser saja.

Untuk meningkatkan efektivitas metode laser, para ilmuwan mengintip ke langit dengan lensa yang dirancang untuk mendeteksi pantulan sinar matahari dari objek.

Namun, ini hanya dapat dilakukan selama fajar atau senja, karena siang hari penuh mengaburkan instrumen pencitraan dan mencegah deteksi dan pelacakan yang mudah.

Dalam makalah baru yang diterbitkan di Nature Communications, para peneliti menjelaskan bagaimana mereka menemukan metode baru untuk melacak sampah luar angkasa di siang bolong.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...