Jokowi Minta Rakyat Beli Produk Lokal, Rizal Ramli: Track Record Kebijakan Justru Pro Impor

Ekonom Senior Rizal Ramli-- istimewa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Ajakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membeli produk dalam negeri atau lokal dinilai kontradiktif dengan kebijakan yang dibuat selama ini.

Hal itu diungkapkan oleh ekonom senior, Rizal Ramli. Menurut Rizal, selama memimpin Indonesia, kebijakan Jokowi justru mendukung keberadaan produk impor di Indonsia.

“Inilah contoh himbauan ngasal. Track record kebijakan justru sangat pro-impor. Ubah kebijakannya, lebih penting dari sekedar himbauan!” kata Rizal di akun Twitternya, Senin (10/8/2020).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi kembali merespons angka pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 yang minus 5,32%. Untuk mencegah pertumbuhan ekonomi kembali minus di kuartal III-2020, Jokowi berbicara soal upaya menyalakan kembali perputaran roda perekonomian.

Caranya ialah berbelanja produk-produk petani dan nelayan dalam negeri, serta produk dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Roda perekonomian harus bisa bergerak lagi dengan cara apa? Dengan cara membeli produk-produk buatan dalam negeri. Membeli produk-produk petani, membeli produk nelayan, membeli produk-produk UMKM,” jelas Jokowi di hadapan Kongres Luar Biasa Partai Gerindra.

Ia berharap, dengan upaya tersebut perekonomian bangkit, dan pada akhirnya pertumbuhan ekonomi kembali ke ambang positif pada kuartal III-2020. (msn/fajar)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...