Kabar Baik Bagi ASN Pemda, Gaji Ke-13 Diberikan Tanpa Pengecualian

Senin, 10 Agustus 2020 15:45

Ilustrasi

Eselon II juga dipastikan mendapatkan tunjangan atau gaji ke-13. Ada perubahan dari rencana yang sebelumnya diajukan Pemerintah Pusat.

Kepastian itu pun telah diterima Pemkot Makassar. Plt Kepala BPKAD Makassar, Andi Rahmat mengatakan, kepastian eselon II mendapatkan gaji ke-13 telah dipertegas melalui peraturan pemerintah.

“Kita sudah terima, eselon II ternyata juga mendapatkan tunjangan (gaji ke-13),” ujarnya kepada FAJAR, Minggu, 9 Agustus.

Proses pencairan rencananya sudah bisa dilakukan pekan ini. Kata Rahmat, Pemkot juga segera merampungkan peraturan wali kota yang mengatur proses pencairan tunjangan.

Perubahan pemberian tunjangan, kata Rahmat, sepenuhnya wewenang Pemerintah Pusat. Sebelumnya, skema pemberian gaji ke-13 tak jauh beda dengan THR. Hanya eselon III ke bawag yang berhak mendapatkan.

“Tetapi ada perubahan. Seperti sebelumnya kita prediksi cair pada Oktober, ternyata sudah ditransfer Agustus. Dan gaji ke-13 semua tingkatan eselon juga dapat,” terang dia.

Gaji ke-13 cukup membantu ASN di tengah ketidakpastian tambahan penghasilan pegawai (TPP). Pemangkasan TPP hingga 40 persen membuat ASN bertumpu pada tunjangan dari pusat.

Kepala Bidang Kinerja BKPSDM Kota Makassar, Munandar mengatakan, jika hanya mengandalkan pendapatan pokok, maka itu belum dirasa cukup. “Karena ada ASN kita yang gaji pokoknya tidak setara dengan UMK Makassar,” pungkasnya.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Makassar, Rahmat Mappatoba mengungkapkan, sudah ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 sebagai turunan Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Gaji ke-13 sudah bisa dicairkan mulai 10 Agustus.

Komentar


VIDEO TERKINI