Kosong Satu Kerja Sendiri, Pasangan Belum Bisa Jadi Gate Voter

Empat bakal calon walikota Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Empat figur bakal calon wakil wali kota Makassar perlu kerja keras membantu kosong satu. Harus mampu menjadi gatevoters (penarik suara).

Pemilihan Wali Kota Makassar mengerucut pada empat kandidat. M Ramdhan Pomnato, Munafri Arifuddin, Syamsu Rizal, dan Irman Yasin Limpo. Keempat figur ini sudah dikenal di Kota Makassar. Cukup populer. Termasuk elektabilitasnya saling bersaing.

Keempat pasangan ini tentunya perlu didukung figur yang bisa mendongkrak tingkat keterpilihannya.

“Secara ketokohan, mereka bukan figur yang lahir dari dinamika sosial politik di Makassar. Kekuatan elektoralnya belum terukur,” kata Pengamat politik Unismuh, Andi Luhur Prianto.

Ia menilai, semua bakal calon wakil wali kota yang mengemuka bukan berlatarbelakang politikus di pentas politik Makassar. Ada yang birokrat, profesional dan politisi avonturir. Hal ini dikarenakan penentuan pasangan calon lebih berbasis determinasi elite oligarki. Bukan kesamaan visi dan gagasan.

“Wajar saja kalau beberapa calon wakil yang terpilih memiliki kaitan kekerabatan dengan elite partai politik,” tegasnya.

Lebih jauh ia berharap partai politik tidak merendahkan kecerdasan pemilih, dengan tidak mengusung pasangan calon yang tidak kompeten untuk menghadapi tantangan kemajuan kota.

“Problem utamanya ketika wakil kepala daerah terpilih yang memiliki back up elite, tetapi minim pengalaman justru menambah daftar panjang relasi disharmoni hubungan kepala daerah dan wakil kepala daerah,” paparnya.

Komentar

Loading...