Siap Hadirkan 20 Kapal Fiber, Dirut PT IKI Ungkap Keunggulannya

Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Diana Rosa

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Diana Rosa mendapatkan mandat sekaligus amanah dan tugas dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Yakni menyediakan fasilitas yang layak bagi nelayan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat di daerah pesisir dan laut. Nurdin Abdullah meminta, PT IKI membuat kapal fiber sebanyak 20 unit.

Dari permintaan itu, Diana Rosa mendukung dan akan mensuport program Pemerintah Sulsel khususnya program yang bersangkutan dengan nelayan.

“Untuk 2021 Sulsel akan membuat 20 kapal fiber untuk nelayan kepulauan yang tidak lain untuk kesejahteraan nelayan,” ucapnya, Senin (10/8/2020).

Ia menjelaskan, kapal fiber sendiri memiliki kelebihan dibanding kapal-kapal lainnya seperti bahan yang digunakan lebih ringan, biaya lebih terjangkau dan kecepatan kapal lebih cepat.

“Jadi kapal fiber itu terbuat dari fiber, bahan ringin, dituntut kecepatannya, sehingga dari pulau ke Makassar nelayan diharapkan cepat pulang supaya ikan-ikan yang ditangkap itu masih segar,” jelasnya.

Selain diminta mensejahterahkan para nelayan, Diana membeberkan, Pemprov Sulsel akan membuat satu sistem terintegrasi yang menfokuskan nelayan pada profesinya yakni menangkap ikan.

“Nanti masalah pelelangan, proses ekspor akan fokus Pemprov yang buatkan sistemnya sehingga kami salah satu industri perkapalan kami akan suport kesuksesan program ini,” beber Diana.

Nantinya, kata dia, konsep awal yang ditawarkan yaitu adanya supermarket dan bengkel di tempat pelelangan ikan. Dalam supermarket tersebut akan menyediakan makanan pokok, sesuai kebutuhan keluarga para nelayan.

Komentar

Loading...