Ingatkan Pemerintah Soal PEN, SBY: Ekonomi Kita Tak Seperti Amerika dan Tiongkok

Susilo Bambang Yudhoyono

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali mengingatkan pemerintah. Kali ini terkait anggaran pemerintah untuk penanganan pandemik Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini mengingatkan Pemerintahan Joko Widodo agar mengelola anggaran itu secara efisien dan fokus ke dua persoalan yang tengah melanda Tanah Air.

Sebab menurutnya, Indonesia tidak memiliki sumber daya fiskal yang mumpuni seperti negara-negara maju.

Demikian disampaikan SBY dalam peluncuran dua buku terbarunya, di Lavani Sport Centre, Puri Cikeas, Bogor, Senin (10/8/2020).

“Negara manapun, tidak punya sumber daya melimpah ruah. Termasuk sumber daya financial,” ujarnya dilansir RMOL.

Ia menegaskan, bahwa perekonomian Indonesia masih cukup jauh tertinggal dengan negara-negara maju lainnya. Baik di daratan Eropa, Amerika, maupun di Asia.

“Dan ekonomi kita tidak seperti ekonomi Amerika, ekonomi Jerman, ekonomi Perancis, ekonomi Inggris, ekonomi Jepang, ekonomi Tiongkok. Belum,” sambungnya.

Karena itu, politisi asal Pacitan, Jawa Timur ini berharap, Presiden Jokowi dan jajaran kabinetnya bisa menggunakan anggaran semaksimal mungkin untuk penanganan corona terlebih dahulu.

“Oleh karena itu, pandai-pandailah mengalokasikan kita punya uang, budget kita, APBN kita,” ingatnya.

“Apalagi kita tambah utang. Budget enggak ada, enggak cukup, utang masuk. Nah ini harus pas betul, jangan kemana-mana, harus displin kita ini,” tegasnya.

Komentar

Loading...