Pendapatan Retribusi Sampah Diharapkan Capai Target di Triwulan III

William Laurent

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Pemerintah telah melonggarkan sejumlah pembatasan gerak warga dengan kebijakan kenormalan baru di tengah pandemik Covid-19. Roda ekonomi perlahan berputar termasuk sektor perhotelan dan restoran.

Salah satu yang menjadi perhatian legislator Kota Makassar adalah pendapatan daerah yang kian merosot dalam triwulan kedua tahun ini. Sebut saja pendapatan retribusi sampah misalnya.

Ketua Komisi B Bidang Ekonomi dan Pendapatan Daerah DPRD Makassar, William Lauren berharap dengan beroperasinya kembali sejumlah hotel dan restoran, retribusi sampah bisa mencapai target yang telah direncanakan bersama pemerintah kota.

Diketahui, Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi (Monev) triwulan kedua, April hingga Juni di Komisi B bersama 15 camat di Makassar, realisasi retribusi sampah begitu rendah. Para camat beralasan, pandemi Covid-19 turut berimbas pada realisasi retiribusi tersebut.

Bahkan belum mencapai 30 persen dari target yang dipatok oleh masing-masing kecamatan. Tercatat hingga Juli ini baru mencapai Rp200-300 juta. Sementara target pendapatan dari retribusi sampah tahun 2020 sebesar Rp1,3 triliun.

“Dengan kondisi new normal dimana hotel dan restoran sudah mulai buka kembali. Terkait dengan retribusi sampah, ada optimisme bahwa pendapatan yang jauh dari target di Triwulan kedua, bisa kembali digenjot dan kita harapkan bisa mencapai target, minimal mendekati target yang pernah direncanakan,” ujar William di Gedung DPRD Kota Makassar, Senin (10/8/2020).

Komentar

Loading...