IPW Beber 8 Jenderal Calon Pengganti Kapolri, Ini Daftarnya

Neta S Pane. Foto: dok/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia Police Watch (IPW) menyatakan berdasar hasil penelusurannya, ada delapan nama yang berpotensi menjadi Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.

Lima perwira tinggi (pati) berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen) atau bintang tiga, serta tiga pati yang memiliki pangkat Inspektur Jenderal (Irjen) atau bintang dua.

Lima pati bintang tiga itu yakni Komjen Rycko Amelza Dahniel (Kabaintelkam), Komjen Agus Andrianto (Kabaharkam), Komjen Boy Rafli Amar (Kepala BNPT), Komjen Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim), dan Komjen Gatot Eddy Pramono (Wakapolri).

Tiga pati bintang dua ialah Irjen Nana Sudjana (Kapolda Metro Jaya), Irjen Ahmad Luthfi (Kapolda Jateng), Irjen Fadhil Imran (Kapolda Jatim).Lantas siapa yang paling berpeluang menjadi Kapolri? Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan kekuatan delapan bakal calon orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu berimbang.

“Dari pantauan hingga awal Agustus ini, kekuatan kedelapan calon itu berimbang,” kata Neta menjawab JPNN.com, Rabu (12/8).

Neta menjelaskan kedelapan nama bakal calon Kapolri yang dipublikasikan IPW itu adalah hasil penelusuran di internal Polri. Artinya, kata Neta, kedelapan nama itu sering disebut-sebut sebagai figur yang pantas menjadi calon Tri Brata 1 atau TB 1.

Menurut Neta, mereka tentu punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, kata dia, biasa-biasa saja dan tidak ada yang istimewa.Begitu juga kekurangannya, relatif dan normatif karena setiap figur punya kelebihan dan kekurangan. “Itu sangat manusiawi,” tegas Neta.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar