Jalur Kereta Api Maros – MNP Masuk Tahap Perencanaan

Proyek Kereta Api Makassar-Parepare.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Pengembangan jalur Kereta Api Makassar-Parepare kembali memasuki tahap perencanaan yang di peruntukkan untuk jalur Mandai di Kabupaten Maros sampai dengan Makassar New Port di Kota Makassar.

Seperti diketahui, sampai saat ini pengerjaan jalur Kereta Api Makassar – Parepare masih terus dikerjakan, dimana untuk segmen jalur Barru menuju Pelabuhan Garongkong telah diselesaikan konstruksinya.

Perencanaan, jalur Kereta Api Maros – MNP terungkap saat pertemuan dengan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Jumardi dengan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah

“Pertemuan tadi membahas perencanaan jalur Kereta Api dari arah PIP, daerah untia.Untuk spesifiknya tidak kami sebutkan,  intinya jalur kereta api dari mandai ke arah Makassar new port itu siap dilaksanakan,” ucap Jumardi usai bertemu dengan Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan

Terkait dengan proses pengadaan tanah, kata dia, masih dalam pembicaraan awal. Sedangkan untuk lahan, akan dihibahkan.

“Jadi pengembang menghibahkan tanahnya untuk digunakan nanti sebagai jalur kereta api, cuma akan dibahas nanti, karena tidak cukup sekedar siap tapi juga ada MoU yang jelas dimana masing-masing punya tanggung jawab,” sambungnya. 

Untuk panjangnya, Jumardi menyebutkan bahwa dari Mandai ke MNP panjangnya 15 Km, tapi kalau bicara soal Untia PIP sekitar 6 Km dari Mandai.

“Kami menargetkan tahun depan itu Barru – Mandai sudah bisa selesai. Kalau untuk jalur, normalnya per kilometer sekitar Rp 60 M,  tapi kalau konstruksinya memang sudah menyebutkan bahwa konstruksinya elevated itu tentu lebih mahal, saya sudah kasih ancang ancang kalau konstruksi seperti itu Rp 250 milyar memang mahal tapi tergantung kondisinya cuma tidak semuanya mungkin,” terangnya.

Komentar

Loading...