Tersisa 25 Hari, Perburuan Dukungan Parpol di Daerah Memanas

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Pendaftaran calon kepala daerah di pemilihan kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sisa 25 hari. Perburuan partai politik untuk menggenapkan syarat dukungan pun mulai memanas.

Di Kabupaten Bulukumba, ada dua bakal calon bupati sedang bersaing mencari simpati Partai Golkar. Masing-masing Andi Hamzah Pangki dan Jamaluddin. Sejauh ini, Hamzah Pangki mengklaim didukung Partai Demokrat dan Hanura. Total kursi empat.

Artinya, untuk memenuhi syarat delapan kursi, Hamzah-Murniati perlu tambahan empat kursi. Praktis yang tersisa hanya Partai Golkar. Partai yang baru saja mendapat ketua baru di Sulsel, Taufan Pawe, itu mengoleksi empat kursi.

Jamaluddin pun demikian. Ia mengklaim didukung PKS (3 kursi) dan Partai Berkarya (1 kursi). Artinya, butuh empat kursi tambahan. Hanya saja, informasi yang diperoleh, PKS sebenarnya menyerahkan dukungan ke Andi Muhtar. Bukan B1-KWK.

Hal inilah yang membuat Jamaluddin yang berpasangan Andi Mattampali yakin bisa mengalihkan dukungan PKS.

Hal sama terjadi di Kabupaten Maros. Sejauh ini, pasangan yang dipastikan sudah bisa mendaftar adalah Chaidir Syam-Suhartina Bohari, Harmil Mattotorang – Ilham Nadjamuddin, dan Tajerimin-Havid S Fasha. Plus satu calon perseorangan yang masih menjalani verifikasi faktual.

Secara hitung-hitungan syarat, calon dukungan partai politik bisa sampai empat pasangan. Sebab, koalisi partai yang belum bersikap seperti; Hanura, Gerindra dan Demokrat masih bisa mengusung satu pasangan lagi.

Komentar

Loading...