Bandara Buntu Kunik Segera Beroperasi, Gubernur NA: ke Toraja Cukup 40 Menit


FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Pesawat Kalibrasi Hawker 900 XP sukses mendarat di Bandara Buntu Kunik (BBK) Tana Toraja, Rabu (12/8/2020) pagi. Hal itu membuktikan, bahwa jalur transportasi udara di Sulsel berhasil dibangun.

Dengan berhasilnya sistem transportasi itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan setidaknya mampu memberi kemudahan kepada wisatawan lokal maupun mancanegara yang akan berkunjung ke Tana Toraja.

Mengingat, akses jalur darat menuju kabupaten yang kaya akan destinasi wisata itu, membutuhkan jarak tempuh 8 hingga 9 jam.

“Sekarang lewat udara, kita sudah bisa lalui dengan waktu 40 menit saja,” ucapnya saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (13/8/2020).

Tidak hanya pesawat baling-baling, Nurdin berharap, pesawat 737 NG juga dapat mendarat di BBK dengan perpanjangan landasan pacu.

“Mudah mudahan dengan akses yang kita bangun bisa mempermudah wisatawan yang ingin ke Toraja,” tutupnya.

Lebih jauh, ia membeberkan pada bulan Agustus tahun ini, BBK sudah dapat melayani pesawat jenis ATR-72.

Gubernur sendiri meminta kepada Pemerintah Pusat untuk memaksimalkan dengan landasan pacu 2.600 meter. Saat ini, pembangunannya telah sampai 1.400 meter dan sudah bisa melayani pesawat jenis ATR-72. (Anti/fajar)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...