Peran Telkomsel Cerdaskan Generasi dari Rumah

MAJUKAN NEGERI. Telkomsel terus berkomitmen untuk menyediakan jaringan terbaik demi mendorong percepatan adopsi literasi digital. (IST)

Oleh: Yusriadi(Makassar)

Isti tahu persis akan seperti apa proses perkuliahannya tanpa akses jaringan mumpuni. Ia bakal ketinggalan pelajaran. Nilainya otomatis hancur. Beasiswanya bisa dicabut.

Nama lengkapnya Istiqamatul Fajriyah. Ia mahasiswa semester 4, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM). Anak kedua dari empat bersaudara itu mesti pulang kampung karena kampusnya ditutup sementara akibat pendemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu.

Kampungnya di Dusun Tonroa, Desa Datara, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa. Jaraknya kira-kira 130 kilometer dari Kota Makassar. Sudah terbilang pendalaman.

Kampus tutup dan mahasiswa harus pulang kampung, bukan berarti proses perkuliahan ditiadakan. Pelajaran tetap jalan dan itu berarti harus dilakukan lewat daring alias online.

Dalam perjalanan pulang kampung, Isti sempat khawatir. Ia ragu akses jaringan tidak mendukung untuk kuliah daring. Selama ini, ia tahunya komunikasi bisa dilakukan namun ia sangsi untuk proses kuliah lewat video conferensi.

Sesampainya di rumah, Isti langsung buka gawai dan laptop. Kebetulan ada kuliah yang mendesak. Ia mesti menyetor hafalan Alquran dan wajib dilakukan lewat video. Jaringan Telkomsel dari gawaianya, ia sambungkan ke wifi laptop. Menunggu sesaat, fiks tersambung. Isti sontak mengucap syukur “Alhamdulillah” ujarnya girang.

Kini Isti tidak perlu khawatir kuliah dari rumah. Akses jaringan yang kuat dari Telkomsel membuatnya tenang. Di kampungnya, hanya jaringan Telkomsel yang kencang. Sangat mendukung untuk proses perkuliahan daring.

Komentar

Loading...