Sekolah Segera Dibuka, Belajar Tatap Muka Cuma 3 Jam

Plt Kadisdik Sulsel, Basri

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Plt Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Basri mengatakan sementara mengkaji proses belajar tatap muka di Kabupaten Kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Pasalnya, Basri mengaku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan instansi terkait telah memberikan lampu hijau kepada seluruh Provinsi di Indonesia untuk melakukan proses belajar tatap muka.

“Tapi itu diserahkan ke provinsi dan kabupaten, jadi tergantung Pemdanya mau buka atau tidak,” ucapnya, Kamis (13/8/2020).

Untuk Sulsel, kata dia, masih melakukan koordinasi dan kajian terhadap daerah mana saja yang boleh menerapkan pembelajaran tatap muka.

Mengingat, masih ada beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam zona merah.

“Kita masih melihat kondisi terkini di Sulsel. Jadi kita buka sekolah itu, nanti sesuai arahan Gubernur, Diskes dengan melihat situasi perkembangan Covid,” jelasnya.

Bila kebijakan belajar tatap muka diterapkan, Basri menjelaskan terdapat beberapa protokol kesehatan, seperti belajar tatap muka hanya berlangsung selama 3 jam, kapasitas siswa dalam kelas dikurangi dan protapkes lainnya.

“Kita sudah persiapkan 50:50 persen isi kelasnya dan hanya 3 jam perhari belajar. Jadi jam 8 sampai jam 11, setelah itu harus langsung pulang ke rumah dan tidak ada jam istirahat,” ungkap Basri.

“Kita perintahkan kantin untuk tidak menjual dan tidak ada kegiatan ekstrakurikuler. Cuma itukan kalau diberlakukan tapi ini belum diterapkan di Sulsel,” sambungnya.

Komentar

Loading...