Doni Monardo Bersedia Jadi “Kelinci Percobaan” Vaksin Corona

Doni Monardo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sampailah pandemi Covid-19 pada fase uji coba vaksin. Perkembangan ini setidaknya menunjukkan secercah cahaya di ujung lorong kegelapan.

Satu lagi persoalan yang harus dilalui, yakni uji coba vaksin. Harus ada sukarelawan yang bersedia menjadi “kelinci percobaan”. Pada banyak kasus, monyet menjadi binatang yang paling sering menjadi objek penguji-coba vaksin. Di samping tikus.

Bagaimana jika kemudian, Letjen TNI Doni Monardo menjadi relawan uji klinis vaksin?

Ini bukan berita bohong. Jubir pemerintah untuk penanganan virus Covid-19, Prof Wiku Adisasmito sendiri yang menyampaikan kabar itu, Kamis (13/8/2020). “Benar, pak Doni akan ikut menjadi relawan uji klinis vaksin,” ujar Prof Wiku.

Informasi lainnya, ada dua warga BNPB lainnya dengan suka rela juga sudah mendaftar.Sebelumnya, Prof Wiku melalui YouTube menegaskan pernyataannya seperti ini.

“Kami ingin menyampaikan bahwa ketua satgas penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo telah mendaftarkan diri menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19,” ungkapnya.

Vaksin ini ditargetkan terformulasikan awal tahun 2021. Proses selanjutnya adalah uji klinis. Jika berhasil, segera diproduksi secara massal untuk mengatasi pandemi secara permanen.

Anda mungkin bertanya, “Bagaimana kalau gagal?”

Mengingat bergitu besar risiko yang harus ditanggung bagi relawan yang bersedia menjadi “kelinci percobaan” vaksin, maka persoalan ini pun sempat menjadi perdebatan. Perdebatan tajam khususnya etis dan tidak etis.

Komentar

Loading...