“Oppoki!” Teriak Nelayan ke Mantan Pj Wali Kota saat Demo Menuntut Pencabutan Izin Tambang

Iqbal Suhaeb dan Kelompok Nelayan yang berunjuk rasa.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sorak riang gembira para ibu-ibu terlihat di balik pagar Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo, Kota Makassar, Jumat (14/8/2020).

Juga terdengar suara tepuk tangan dari warga Pulai Kondingareng Lompo itu. Canda tawa mereka dilampiaskan pada siang itu.

Di hadapan mereka, ada mantan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. Dia bercerita lepas dengan para nelayan meski dibatasi oleh pagar besi.

“Oppoki! Oppoki!” teriak ibu-ibu itu.

Sontak, Iqbal yang mengenakan kemeja motif batik cokelat itu tertawa dalam waktu beberapa menit usai mendengar pujian para nelayan di depannya.

Mereka duduk bercengkrama dan saling berhadapan dengan Iqbal. Entah apa yang mereka bahas.

Namun dari raut wajah para nelayan tampak bahagia, saat mereka saling bercanda tawa. Namun mereka tetap ingin bertemu dengan Gubernur Sulsel.

Para nelayan itu berkali-kali memuji Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sulsel itu, selama memimpin Kota Makassar. Menurut mereka, tak ada masalah dengan hasil tangkap para nelayan selama Iqbal memimpin.

Berbeda dengan yang saat ini. Keberadaan PT Boskalis justru menghancurkan seluruh habibat ikan di laut. Otomatis, hasil tangkap mereka pun menurun drastis.

“Sudah seharian kami di depan kantor Gubernur Sulsel. Kami bermohon kepada pak gub untuk cabut izin tambang pasir itu. Tapi sampai hari ini kami tak bertemu,” kata salah satu nelayan, Mantasia, 23 tahun. (Ishak/fajar)

Komentar

Loading...