Sri Mulyani Kenang Pertemuan Perdananya dengan Jokowi 22 Tahun Lalu, Begini Kisahnya

Foto jadul Jokowi dan Sri Mulyani

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenang 22 tahun lalu pertemuannya dengan Joko Widodo yang ketika itu masih seorang pengusaha eksportir furniture di Solo, Jawa Tengah.

Sri Mulyani mengungkapnya dalam sebuah tulisan panjang di akun Facebook pribadinya. Surat bertajuk Throwback 22 Tahun yang Lalu itu viral di media sosial dan menjadi perbincangan hangat warganet.

Sri Mulyani mengisahkan, pada 14 Agustus 1998 atau tepat 22 tahun lalu Indonesia diguncang krisis ekonomi yang cukup dahsyat. Ekonomi merosot tajam minus 13,7%, mata uang Rupiah kolaps dari Rp 2350 menjadi Rp 16.000 per dollar Amerika. Banyak perusahaan dan bank besar kecil mengalami kebangkrutan.

Sebagai dosen di Universitas Indonesia, Sri Mulyani diundang dalam sebuah seminar di Solo yang mengangkat isu krisis dan cara penyelamatan ekonomi Indonesia.

“14 Agustus 1998 atau tepat 22 tahun lalu kamu ada dimana? Sebagai ekonom yang mengajar di Universitas Indonesia saya diundang dalam sebuah seminar di Solo untuk menjelaskan mengapa krisis ekonomi terjadi dan bagaimana menyelamatkan ekonomi Indonesia ke depan,” tulis Sri Mulyani, Kamis (14/8/2020) malam.

“Pengundang dan sponsor seminar tersebut adalah Pak Jokowi seorang pengusaha eksportir furniture yang justru mendapatkan berkah luar bisa dalam kondisi krisis tersebut karena penerimaan ekspor dalam US dollar melonjak lebih dari enam kali lipat,” ungkapnya kemudian.

Komentar

Loading...