Ada Jalur Trekking yang Aman di Lingkar Gunung Agung

Relawan Pasebaya Agung buat trekking di lingkar Gunung Agung, Karangasem. (IST)

FAJAR.CO.ID,BALI — Pasebaya Agung yang merupakan relawan di Lingkar Gunung Agung membuat jalur trekking di lingkar Lereng Gunung Agung. Jalur trekking ini dibuat sebagai jalur pendakian sekaligus menelusuri Gunung Agung dari lingkar aman.Pengerjaan jalur tersebut dilakukan Relawan Pasebaya Agung bersama dengan pemandu lokal yang selama ini banyak mengantar wisatawan melakukan pendakian di Gunung Agung.

Sementara itu menurut Ketua Pasebaya Agung I Gede Pawana, jalur ini dibuat beberapa bagian. Sehingga wisatawan yang akan berkeliling di lingkar Gunung Agung bisa menggunakan beberapa rute.

Pengerjaan rute dilakukan dengan melibatkan 27 orang relawan. Ini merupakan rute baru yang baru dibuat tim Relawan Pasebaya Agung. Rute kali ini jika susuri secara penuh akan membutuhkan waktu tiga hari tiga malam.

Rute tersebut adalah dari Pura Pengubengan, Besakih menuju Pura Pasar Agung, Selat. Kemudian ada rute lainnya dari Pura Pasar Agung, Selat menuju Yeh Kori, Jungutan, Babandem. Dari Yeh Kori nantinya akan ada jalur menuju Pura Nangka, Bebandem. Kemudian dari Pura Nangka menuju Dukuh, Abang dan dari Dukuh kembali ke Pura Pengubengan.

Pawana berharap dengan jalur ini para wisatawan yang akan menikmati Gunung Agung bisa datang ke Gunung Agung untuk berkeliling. Zona ini menurut Pawana tetap berada di zona aman dengan radius lebih dari 2 kilometer. Hal ini sesuai dengan rekomendasi PVMBG yakni zona aman Gunung Agung pada 2 kilometer, sehingga pendaki tidak boleh naik mendekati zona 2 kilometer. Sementara di bawah zona tersebut masih aman.

Komentar

Loading...