Hari Pertama, Pembalap KTM Kuasai Sesi Latihan Bebas

Pembalap KTM Pol Espargaro menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas hari pertama MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring. (MotoGP)

FAJAR.CO.ID — Cuaca akhir pekan ini di Red Bull Ring, Austria, menyita perhatian para pembalap MotoGP. Merujuk prakiraan cuaca, hujan disertai badai bakal menerjang kawasan di sekitar Spielberg, Austria, akhir pekan ini.

Situasi itu bisa membuat balapan GP Austria berlangsung dalam kondisi basah. Hujan juga sudah mengguyur Red Bull Ring saat pembalap menjalani latihan bebas kedua tadi malam.

Sejumlah rider MotoGP mengaku khawatir dan waspada jika memang berlangsung wet race esok hari. Sejak kembali ke kalender MotoGP, balapan di Red Bull Ring jarang berlangsung dalam kondisi lintasan basah.

Para rider harus waspada. Sebab, race Moto2 pada 2017 sempat mengakibatkan sejumlah kecelakaan rider. Terutama pada lintasan lurus yang menuju tikungan 1 dan 2.

Rider LCR Honda Cal Crutchlow kepada Motorsport mengatakan, ada sejumlah gelombang yang berpotensi menimbulkan genangan saat lintasan basah. ”Jujur saja, aku nggak senang membalap dalam kondisi hujan di sini (Red Bull Ring, Red),” papar pembalap Inggris tersebut.

Ketika tiba di sirkuit Selasa lalu dan hujan mengguyur lintasan, Crutchlow melihat genangan setinggi pergelangan kaki. Namun, pembalap Reale Avintia Johann Zarco mengatakan bahwa Red Bull Ring tidak seburuk beberapa tahun lalu ketika hujan.

”Kami bisa membalap saat lintasan basah, tetapi tidak saat hujan deras,” katanya.

Komentar

Loading...