Produksi Handsanitizer, FT UNM Manfaatkan Jeruk Nipis dan Daun Mangrove

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dosen Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan pelatihan pembuatan handsanitizer kepada ibu-ibu Bhayangkari Brimob Polda Sulsel.

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Mako Brimob Polda Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan KS Tubun, Makassar, Sabtu (15/8/2020).

Melalui pelatihan tersebut diharapkan peserta dapat mempraktikkan pembuatan handsanitizer sendiri di rumah masing-masing.

Handsanitizer saat ini telah menjadi bagian penting dari keseharian masyarakat karena diyakini mampu menangkal virus Covid-19.Kandungan antiseptik pada handsanitizer dapat mengurangi potensi penularan virus yang telah merenggut jutaan nyawa manusia di dunia ini.

Pada pelatihan ini, tim pengabdi memanfaatkan bahan yang mudah dijumpai di sekitar, seperti Jeruk nipis dan ekstrak daun mangrove.

Andi Sukainah, salah satu anggota tim pengabdi menjelaskan bahwa kandungan dalam jeruk nipis dan daun mangrove memiliki sifat antiseptik yang mampu membunuh virus dan mikroba berbahaya lainnya.

Selain itu, bahan yang mudah didapatkan membuat masyarakat secara umum dapat mempraktikkan pembuatan handsanitizer sendiri di rumah masing-masing, sehingga dapat menghemat pengeluaran dengan tetap menjaga kesehatan.

“Kita harapkan nantinya ibu-ibu Bhayangkari ini dapat mempraktikkan di rumah masing-masing,” ujar Andi Sukainah.

Hapsa Aziz, salah satu peserta dalam kegiatan ini mengucapkan terimakasih kepada tim pengabdi, sebab ia dapat menerapkan ilmu pembuatan handsanitizer di lingkungan tempat tinggalnya.

Komentar

Loading...