Uji Kelayakan Tol Layang Pettarani, Flyover Ditutup Selama Sembilan Jam

PERSIAPAN PENUTUPAN Warga melintas di depan marka Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Jumat, 14 Agustus. Terjadi pengalihan lalu lintas dari arah Jl AP Pettarani menuju Tol Reformasi untuk persiapan uji kekuatan Jalan Tol Layang Pettarani. (IDHAM AMA/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR, — Uji kekuatan Jalan Tol Layang Pettarani memakan waktu lama. Akses ke flyover pun ditutup hingga sembilan jam. Penutupan flyover pada 16 Agustus dan 18 Agustus.

Manajer SHE Wika Beton Tol Layang AP Pettarani, Muh Alex Muhajirin, mengatakan, proses loading test yang melibatkan alat berat dan sarana pendukung lainnya membutuhkan waktu.

Baik pada masa persiapan maupun saat proses loading test berlangsung. “Jadi kita estimasikan dimulai pagi dan selesai pukul 18.30 Wita. Itu hanya di 16 Agustus dan 18 Agustus,” ujarnya, Jumat, 14 Agustus.

Alex menjelaskan, fokus utama saat loading test adalah menguji ketahanan tol layang di tiang atau Pier 7 (P7) sampai P9. Apakah memenuhi syarat saat diberi bobot tertentu.

“Karena itulah, kita tak mau ambil risiko. Ini uji tekanan. Potensi sekecil apapun kita hindari. Bahkan jika saat proses loading ada serpihan atau apapun itu, kita tak mau itu beri risiko kepada pengendara. Makanya kita putuskan untuk tutup flyover,” terang Alex.

Penutupan flyover, pihaknya sengaja memilih waktu di akhir pekan dan ada momentum hari libur. Diprediksi tak ada lonjakan kendaraan yang dapat memicu kemacetan parah saat loading test berlangsung.

“Maka kita pilih di 16 dan 18 Agustus. Dari total empat hari proses loading test,” ucapnya.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar