Diperingati Setiap Tanggal 13 Agustus, Ini Fakta Unik Orang Kidal

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID — Menulis atau melakukan kegiatan dengan tangan kiri sering disebut sebagai kidal. Tahukah Anda, tanggal 13 Agustus diperingati sebagai Hari Orang Kidal Internasional.

Dilansir dari Pink Villa, Minggu (16/8/2020), hari itu pertama kali diperingati pada tahun 1976 oleh Dean R. Campbell, pendiri Lefthanders International, Inc. Hari itu adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang keuntungan dan kekurangan seseorang bertangan kidal.

Tapi tahukah Anda bahwa orang bertangan kidal diyakini lebih mandiri karena harus menyesuaikan diri dengan segala hal. Ada sejumlah fakta menarik tentang orang bertangan kidal yang perlu Anda ketahui.

Fakta 1Orang kidal berjumlah sekitar 12 persen dari populasi dunia.

Fakta 2Orang kidal lebih banyak menggunakan sisi kanan otak mereka, itulah sebabnya mereka lebih cenderung tertarik pada seni. Sisi kanan otaknya mengontrol otot-otot di sisi kiri tubuh dan sebagian besar menggerakkan kemampuan musik dan spasial.

Fakta 3Sebuah penelitian menemukan bahwa orang kidal lebih cenderung mengalami alergi daripada orang yang tidak kidal.

Fakta 4Sebuah penelitian di Belgia yang dilakukan pada 1996 menemukan bahwa dari 1.700 pasang anak kembar yang diuji, 21 persen ditemukan kidal. Itu hanya lebih dari 5 persen dari populasi umum.

Fakta 5Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Paediatrics, orang kidal memiliki peningkatan risiko disleksia, ADHD dan gangguan mood tertentu. Ini terutama terkait dengan belahan otak.

Komentar

Loading...