Pelindo IV Rambah Pasar Dunia dengan Direct Call dan Direct Export

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) adalah salah satu dari sekian banyak BUMN yang sudah menjelajahi pasar global melalui program direct call dan direct export atau pengapalan langsung komoditas ekspor ke luar negeri.

Awal menjajal pasar dunia, Pelindo IV menggandeng perusahaan pelayaran internasional asal Hongkong, SITC, dengan pengiriman pertama sebanyak 30 box kontainer ke beberapa negara tujuan di Asia seperti China, Korea, Bangkok, Thailand dan Jepang.

Ibarat pohon, kini Pelindo IV mulai memetik buah manis dari upayanya memasuki pasar dunia. Dari awalnya hanya 30 box kontainer per minggu yang bisa dibawa SITC ke negara-negara di Asia, kini jumlah itu terus merangkak jadi 300 box untuk sekali angkut dan telah menembus pasar Eropa dan Amerika Serikat juga Australia.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi mengatakan, demi semakin melebarkan sayap di luar negeri, pihaknya saat ini tidak hanya bekerjasama dengan SITC tetapi juga telah berkolaborasi dengan SeaLand milik Maersk Line Group, tepatnya sejak Maret tahun ini, yang setiap minggu mengangkut sebanyak 70 hingga 90 box kontainer untuk dibawa ke luar negeri.

“Kawasan Indonesia Timur (KTI) memiliki cukup banyak komoditas unggulan. Wilayah ini cukup kaya dengan barang kebutuhan masyarakat di luar negeri dan pasar global sebenarnya masih cukup terbuka dengan hal ini, sehingga kami mencoba untuk memanfaatkan kesempatan itu dengan baik,” ucap Prasetyadi.

Komentar

Loading...