Pentingnya ASI Eksklusif bagi Bayi hingga Usia 6 Bulan, Nurul Hidayat: Anak Tidak Mudah Sakit


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Tidak ada asupan yang lebih baik untuk bayi selain ASI. Air susu yang diproduksi alami oleh ibu memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa bagi tumbuh kembang bayi. Seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak.

Hal tersebut disampaikan Akademisi Universitas Hasanuddin, Inriati Lewa saat menjadi narasumber Penyebarluasan Informasi produk hukum Peraturan Daerah Kota Makassar nomor 3 tahun 2016 Tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif yang diinisiasi Legislator Makassar Ir. Hj. Nurul Hidayat.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand Celino, Jalan Lanto Dg. Pasewang, Minggu (16/8/2020).

Menurut Inriati, persoalan ASI bukan hanya persoalan ibu tapi kita semua. ASI merupakan pondasi kehidupan manusia. Pemerintah telah menjamin hak bayi sejak dilahirkan hingga berusia 6 bulan.

“ASI adalah mukjizat yang merupakan satu jenis makanan yang mencukupi seluruh unsur kebutuhan bayi baik fisik, psikologis, sosial maupun spiritual,” katanya.

Dalam ASI terdapat faktor anti bakteri, anti virus, anti jamur. Menyusui adalah anugerah antara ibu dan bayi. Merugilah ibu-ibu yang tidak menyusui bayinya. Ada dampak kesehatan jangka panjang.

“Anak-anak akan jarang sakit. Itu keuntungan bagi anak yang diberi ASI,” terangnya.

Amirullah Hamzah, Kabid Advokasi Pengarahan dan Informasi BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), menjelaskan bahwa ada setidaknya tiga manfaat pemberian ASI bagi bayi.

Komentar

Loading...