TPA Tamangapa Bakal Dibangun PLTSa, Relokasi ke Pattallasang Kemungkinan Batal

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Makassar, Fasruddin Rusli.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sekretaris Komisi C DPRD Kota Makassar Fasruddin Rusli menyampaikan bahwa TPA Tamangapa bakal dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Dengan adanya proyek ini, bisa jadi, relokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa ke Pattallassang Gowa batal dilaksanakan.

Fasruddin menyarankan, wacana relokasi dipertimbangkan dengan matang. Dia mengungkapkan, pembangunan PLTSa hanya terkendala lahan dengan kebutuhan 5 hektare, namun yang tersedia saat ini hanya 2,7 hektare.

Sehingga, ia mendorong Pemkot Makassar fokus pembangunan infrastruktur penanganan sampah yang masih terkendala pembebasan lahan.

“Jadi di sana itu sudah ada kerja sama investor tapi memang kita harus siapkan lahan 5 hektare itu. Untuk mesin pengelolahannya itu besar. Pemerintah kota masih ada kekurangam lahan sekitar 2,3 hektare. Kita kan sudah punya 2,7 hektare. Kita harus pembebasan di sana,” kata Fasruddin Rusli, Sabtu (15/8/2020).

TPA Tamangapa, kata dia, masih cukup produktif. Hanya koordinasi dari Pemkot Makassar dan investor yang perlu dibenahi untuk segera merealisasikan pembangunan PLTSa.

“TPA Antang itu masih produktif. Masih bisa. Kalau jalan PTLSa-nya itu tumpukan sampah akan berkurang, tiap harinya akan dilakukan pembakaran sehingga menghasilkan gas dan tenaga listrik.” jelasnya

“Kalau seumpannya ada PTLSa, maka tidak mungkin ada pemindahan. Otomatis pengurangan debit sampah akan habis, akan dibakar. Mesin PTLSa akan menghasilkan gas dan tenaga listrik,” pungkasnya.

Komentar

Loading...