1.629 Penghuni Rutan di Makassar, Tak Satupun Hirup Udara Bebas

1.629 Penghuni Rutan, Makassar, Tak Satupun Hirup Udara Bebas

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Nasib menjadi seorang tahanan di Rutan Kelas 1 Makassar. Pada hari kemerdekaan ini, tak ada satu pun yang mendapat remisi hingga dinyatakan bebas.

Diketahui total ada 1.629 tahanan yang mendekam di balik jeruji besi sana. 292 di antaranya mendapat remisi dari Kemenkum HAM pada HUT RI ke 75 ini.

“292 yang dapat remisi yang diberikan secara bertahap. Tahap I berjumlah 50 orang dan tahap II sebanyak 242 orang. Tidak ada yang dapat remisi bebas,” kata Kepala Rutan Kelas 1 Makassar, Sulistyadi, Senin (17/8/2020).

Pemberian remisi bagi para warga binaan pun bervariasi. Mulai dari pemotongan masa tahanan satu bulan hingga tiga bulan.

Kata dia, pemberian remisi itu tidak diberikan semata-mata hanya untuk menyambut HUT RI ke 75 ini. Melainkan warga binaan itu telah memperlihatkan perilaku yang baik selama di dalam rutan.

Apalagi, jumlah warga binaan di dalam rutan telah melebihi kapasitas. Rutan ini dikerahui hanya mampu menampung warga binaan sebanyak 1000 orang.

“Kapasitas kami sampai 1000 orang. Tetapi jumlah warga binaan yang masuk di sini mencapai 1.629 orang,” jelas Sulistyadi dalam keterangan tertulisnya.

Pemberian remisi juga merupakan hak bagi seluruh warga binaan dan narapidana, yang akan diberikan sesuai dengan aturan yang berlaku selama berada dalam masa tahanan.

Komentar

Loading...