Pesan Kemerdekaan dari Dalam Gua Janji Cempalagi

Upacara Kemerdekaan ke 75 yang dilakukan di dalam Gua Janji, Cempalagi. (FOTO: AGUNG PRAMONO/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, BONE — Ada yang berbeda pada perayaan kemerdekaan RI di Kabupaten Bone, Sulsel. Perayaan itu, dilakukan di Gua Janji, Cempalagi.

Kegiatan itu dilaksanakan sejak Sabtu, 15 Agustus kemarin dengan kegiatan kemah. Di dalamnya ada sharing session, donor darah, dan pengibaran bendera, serta lomba-lomba kemerdekaan tradisonal.

“Kita tetap Memeriahkan HUT proklamasi di tengah pandemi Covid-19, dan tetap dilakukan dengan protokol kesehatan. Kata dia, untuk pengibaran bendera dilakukan dua kali. Pertama dilakukan di dalam Gua Janji, Cempalagi dan di pasir putih,” kata Ketua Panitia, Zainal Senin (17/8/2020).

Prosesi pengibaran bendera di dalam gua menjadi tantangan tersendiri. Lokasinya gelap. Harus jongkok berkali-kali untuk bisa sampai di lokasi Raja Bone Ke 15 itu, Arung Palakka mengucapkan sumpah.

Tidak ada peserta upacara yang mengeluh. Raut wajah mereka penuh semangat. Sebab, perjuangan saat ini tak seberat dengan perjuangan Ir Soekarno, Mohammad Hatta saat merumuskan teks proklamasi.

“Hari ini kita yang berjuang untuk mengibarkan bendera. Besok akan menjadi pembina dalam upacara atau pemimpin di masa yang akan datang. Mari kita semua menjaga kesatuan dan persatuan bangsa,” Pesan semangat Ketua DPRD Bone, Irwandi Burhan saat menjadi pembina upacara.

Sementara Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi menuturkan, yang paling mendasar bisa dipetik generasi saat ini adalah bagaimana Arung Palakka memerdekakan bangsanya sendiri pada waktu itu. “Terhindar dari perbudakan dan cengkraman kerajaan lain,” ucapnya.

Komentar

Loading...