Unair Adakan Tes Mandiri Susulan

Tes mandiri susulan Universitas Airlangga dilaksanakan pada (17/8) diikuti 2.048 peserta. (Radar Surabaya/JawaPos.com )

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Momen Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 RI bertepatan denga ujian mandiri susulan Universitas Airlannga. Dalam kesempatan tersebut, rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih mengajak 2.048 peserta tes mandiri dari berbagai wilayah se-Indonesia untuk mengheningkan cipta pada Senin (17/8).

Meski sesuai jadwal diadakan pada pukul 10.30, tes diawali pada pukul 10.17. ”Dalam kegiatan yang berlangsung secara online ini, sesi mengheningkan cipta berlangsung selama kurang lebih 3 menit,” ujar Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Achmad Solihin.

Tes mandiri kali ini dilakukan sebagai pengganti atau relokasi dari tes pada hari sebelumnya. Tes yang awalnya diadakan pada Minggu (16/8) itu terkendala hambatan teknis. ”Materi yang diujikan adalah kemampuan akademik sosial humaniora atau TKA soshum,” tutur Solihin.

Terkait dengan kendala tersebut, dua nilai yang keluar dalam tes akan diambil nilai terbaik. ”Saat ini, panitia sedang melakukan identifikasi terkait dengan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan peserta ujian. Jika terbukti ada tindak pelanggaran, peserta yang bersangkutan didiskualifikasi dan tidak diikutkan dalam proses seleksi,” ungkap Solihin.

Selain itu, panitia tes mandiri juga masih melakukan pengecekan terhadap pelanggaran yang dilakukan. ”Kita masih mengidentifikasi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan peserta. Meski ujian di rumah. Kita tetap amati dari sini. Ada beberapa pelanggaran, saat ini masih kita identifikasi,” ucap Solihin. (JPC)

Komentar

Loading...