Viral Foto Bung Karno, Jenderal Sudirman dan Ayah Rizieq Shihab, Begini Penjelasan Kominfo

Foto pertama, dari kiri ke kanan, Bung Karno, Dubes India untuk Indonesia Mohammad Yunus Khan (bukan ayah Rizieq Shihab) dan Jenderal Sudirman. Foto itu diambil di Magelang, pada 17 Agustus 1948. Foto:Iphos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Beberapa hari ini ada dua foto Bung Karno beredar dan menjadi viral di media sosial. Dalam foto itu disebut Bung Karno berdiri dengan ayah dari Habib Rizieq Shihab, pemimpin FPI.

Foto itu diunggah di Facebook dengan keterangan yang menyebut objek gambar adalah Bung Karno, Jenderal Sudirman dan ayah Rizieq Shihab. Foto hitam-putih tersebut berlokasi di luar ruang, dengan posisi ketiga orang tersebut tidak menghadap kamera.

Narasi yang menyertai foto ini sebagai berikut:

“Agar publik melek politik sejarah. Ada yg tahu siapa laki-laki di tengah Soekarno dan Jend Soedirman saat itu saat itu?! Beliau adalah ayahandanya Habib Rizieq Shihab. Berita ini sengaja ditutupi sejarah oleh kompeni pemerintah penjajah saat itu yakni Belanda karena Khawatir umat Islam bersatu”

Lalu, benarkah objek foto tersebut adalah Presiden pertama RI Soekarno, Jenderal Sudirman, dan ayah Habib Rizieq Shihab?

Menurut kominfo.go.id, orang yang berdiri di tengah Presiden Soekarno dan Jenderal Sudirman itu bukanlah ayah Habib Rizieq Shihab.

Tokoh itu adalah Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service sekaligus menjadi duta besar India untuk Indonesia saat itu. Foto itu diambil saat mereka berada di Magelang, pada 17 Agustus 1948. Mohammad Yunus Khan juga beberapa kali melakukan kunjungan ke Indonesia, misalnya ke Jombang Jawa Timur, pada 1947, selain kunjungan pada 1948.

Komentar

Loading...