15 PTN Terbaik Versi Kemendikbud, Ini Daftatnya

Dirjen Dikti Kemendikbud Prof Nizam dalam diskusi daring. Foto: tangkapan layar/mesya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan daftar nama 15 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) terbaik yang tergabung di dalam kluster satu perguruan tinggi di Jakarta, Senin (17/8).

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Nizam menegaskan bahwa klasterisasi perguruan tinggi bukanlah sebuah kompetisi maupun pemeringkatan.

“Melainkan untuk mengelompokkan perguruan tinggi sesuai dengan level perkembangannya, dan kemudian untuk dilakukan pembinaan, ” katanya dalam taklimat media secara daring di Jakarta, Senin.

Nizam menambahkan klasterisasi perguruan tinggi tersebut bertujuan untuk mengetahui capaian dan kekurangan perguruan tinggi, agar bisa melakukan peningkatan mutu perguruan tinggi secara terus-menerus.”Karena mutu itu tidak ada batasnya. Di atas yang terbaik, pasti akan selalu ada perbaikan, ” katanya.

Dia menambahkan Kemendikbud membagi klaster perguruan tinggi tersebut menjadi lima klaster.

Klaster tertinggi adalah klaster satu. Pengelompokan perguruan tinggi tersebut tidak membedakan perguruan tinggi negeri maupun swasta.Nizam menambahkan perguruan tinggi yang berada di kluster diharapkan dapat membina perguruan tinggi di bawahnya atau yang berada di kluster dua hingga lima. Dibandingkan tahun sebelumnya, terdapat peningkatan jumlah perguruan tinggi yang berada di kluster satu.

Jumlah perguruan tinggi pada kluster satu pada 2019 sebanyak 13 PTN, sementara pada 2020 sebanyak 15 PTN.

Dalam klusterisasi tersebut, aspek yang diperhatikan yakni seluruh aspek mulai dari input, penerimaan mahasiswa, input proses pembelajaran, proses yang terjadi dalam pendidikan itu, Tri Dharma perguruan tinggi, output dari perguruan tinggi itu, hasil penelitian, paten, hingga hilirisasi hasil riset.

Komentar

Loading...