178 Ponsel Milik Warga Binaan di Rutan Dibakar Saat Peringatan HUT Kemerdekaan


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Beragam barang-barang elektronik ditemukan oleh petugas Rutan Kelas 1 Makassar. Bahkan tak sedikit adalah ponsel genggam.

Barang-barang itu adalah hasil sitaan dari warga binaan, yang kedapatan memiliki ponsel. Sementara pihak Rutan melarang pemakaian barang-barang tersebut dalam rutan.

Total sebanyak 178 ponsel dari berbagai dibakar tepat di HUT Kemerdekaan RI ke 75 kemarin. Ponsel itu dimusnahkan di dalam beberapa drum yang di dalamnya sudah terdapat api yang membara.

“Pemusnahan semua itu adalah hasil sidak kami selama semester satu di 2020 di ruang tahanan. Semuanya disita lalu dimusnahkan,” kata Humas Rutan Kelas 1 Makassar, Andi Nunung, saat dikonfirmasi, Selasa (18/8/2020).

Tidak hanya ponsel saja. Juga ada barang elektronik lain seperti headset, pengeras suara, kipas angin, pisau cutter, kartu joker, dan lain sebagainya.

“Ada 18 unit pisau cutter, 17 headset, dua buah gunting, tiga unit speaker, dua set kartu joker, 9 unit kipas angin, dan 125 charger ponsel,” tambah Nunung.

Pemusnahan itu dilakukan di halaman dalam Rutan Kelas 1 Makassar, dan disaksikan langsung oleh ratusan hingga ribuan warga binaan dari balik jeruji besi, pada Senin 17 Agustus 2020 kemarin.

Semua pemakaian barang tersebut, lanjut Nunung, yang ada di dalam rutan bagi warga binaan adalah sebuah larangan, yang telah ditetapkan oleh pihak Rutan jauh hari sebelumnya.

Komentar

Loading...